Mengatasi Masalah Layar Berkedip pada Chromebook

Mengatasi Masalah Layar Berkedip pada Chromebook

Betariko.com – Chromebook adalah laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS buatan Google. Laptop ini memiliki desain yang simple, portable dan mudah digunakan. Namun, seperti halnya laptop lainnya, Chromebook juga dapat mengalami masalah teknis. Salah satu masalah yang sering terjadi pada Chromebook adalah layar berkedip.

Layar berkedip pada Chromebook dapat mengganggu kenyamanan pengguna dalam menggunakan laptop. Layar berkedip bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk driver grafis yang rusak atau perangkat keras yang bermasalah. Namun, tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan beberapa cara yang mudah dan sederhana.Restart Chromebook

Cara paling mudah untuk mengatasi masalah layar berkedip pada Chromebook adalah dengan me-restart laptop. Restart dapat menghilangkan sementara gangguan pada layar. Caranya, cukup tekan tombol power selama beberapa detik hingga laptop mati, kemudian tekan tombol power kembali untuk menyalakan Chromebook.Periksa kabel daya

Kabel daya yang tidak terhubung dengan baik dapat menyebabkan layar berkedip pada Chromebook. Periksa kabel daya dan pastikan kabel tersebut terhubung dengan baik pada laptop dan sumber daya. Jika kabel daya bermasalah, segera ganti dengan kabel daya yang baru.

Perbarui driver grafis

Driver grafis yang rusak atau usang dapat menyebabkan layar berkedip pada Chromebook. Untuk mengatasi masalah ini, perbarui driver grafis pada laptop. Buka Chromebook dan periksa update terbaru untuk driver grafis dengan cara masuk ke “Settings” dan “About Chrome OS”. Pilih “Check for updates” dan Chromebook akan mencari update terbaru. Jika driver grafis memerlukan update, segera download dan install update tersebut.

Atur Refresh rate

Layar berkedip pada Chromebook juga bisa disebabkan oleh refresh rate yang salah. Refresh rate yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan layar berkedip. Untuk mengatasi masalah ini, buka “Settings” dan pilih “Device”. Pilih “Displays” dan atur refresh rate yang sesuai dengan laptop. Coba ubah refresh rate menjadi lebih tinggi atau lebih rendah dan periksa apakah layar masih berkedip.

Cek kecepatan internet

Koneksi internet yang lambat dapat menyebabkan layar berkedip pada Chromebook. Pastikan kecepatan internet Anda mencukupi untuk aktivitas yang Anda lakukan pada laptop. Anda dapat menggunakan speedtest.net untuk memeriksa kecepatan internet. Jika kecepatan internet terlalu lambat, cobalah matikan sementara aplikasi yang menggunakan internet atau hubungi provider internet Anda.

Reset Chromebook

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah layar berkedip pada Chromebook, Anda dapat mencoba untuk mereset Chromebook. Namun, perlu diingat bahwa reset akan menghapus semua data dan aplikasi pada laptop. Sebelum melakukan reset, pastikan data Anda sudah di-backup terlebih dahulu. Caranya, masuk ke “Settings” dan pilih 

“Advanced” kemudian pilih “Reset settings” dan “Powerwash”. Ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses reset. Setelah selesai, Chromebook akan kembali ke pengaturan awal seperti saat baru dibeli.

Bawa ke layanan purna jual

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah layar berkedip pada Chromebook, mungkin ada masalah perangkat keras yang lebih serius. Anda dapat membawa Chromebook ke layanan purna jual resmi untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang terlatih.

Kesimpulan

Layar berkedip pada Chromebook bisa sangat mengganggu pengguna dalam menggunakan laptop. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan beberapa cara yang sederhana. Restart Chromebook, periksa kabel daya, perbarui driver grafis, atur refresh rate, cek kecepatan internet, reset Chromebook, atau bawa ke layanan purna jual jika masalah tidak dapat diatasi. Dengan melakukan cara-cara di atas, masalah layar berkedip pada Chromebook dapat diatasi dengan mudah dan sederhana.

If you want to, get sh*t done, believe in continous improvment, and a humble person, you are a fit for the world. No politics, no drama, no excessive meetings, more actions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: TOLONGLAH, SAYA MENULIS SENDIRI CAPEK !!!