Rumor Lahan Shila Sawangan Bermasalah Sudah Sepenuhnya Tuntas

Rumor terkait Shila Sawangan bermasalah telah diselesaikan sepenuhnya menurut surat resmi dari pihak berwenang. Status kepemilikan tanah dan bangunan di Shila Sawangan adalah legal dan tidak terlibat dalam sengketa apapun.

Hunian di Shila at Sawangan. (dok. Shila at Sawangan)

Kronologi Rumor Shila Sawangan Bermasalah dan Histori

Popularitas Shila Sawangan sebagai salah satu lokasi hunian terbaik di Sawangan, Depok tidak terlepas dari berbagai tantangan yang dihadapinya.

Salah satu tantangan utama yang memengaruhi citra dan reputasi Shila Sawangan adalah isu tentang masalah kepemilikan lahan yang muncul sejak tahun 2022, menyebarkan kabar bahwa kawasan perumahan ini masih dalam status sengketa.

Awal mula masalah yang melibatkan Shila Sawangan berasal dari sejumlah keputusan administratif yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok dan pihak terkait lainnya.

Pertama-tama, BPN Kota Depok mengeluarkan surat Hak Guna Bangunan (HGB) untuk PT Pakuan Tbk, memberikan izin untuk penggunaan sebagian lahan tertentu.

Tindakan ini sejalan dengan rencana Mohammad Idris, Walikota Depok pada waktu itu, yang mengumumkan niatnya untuk memanfaatkan sebagian kecil dari lahan tersebut guna membangun Alun Alun Kota Depok Wilayah Barat dengan luas 3 hektar.

Namun, keputusan ini bertabrakan dengan penerbitan Surat Keputusan Kepala Inspeksi Agraria (SK-Kinag) kepada pemilik tanah atas nama Ida Farida untuk lokasi yang sama.

Dengan demikian, terdapat kebingungan dan perselisihan terkait kepemilikan dan penggunaan lahan tersebut antara PT Pakuan Tbk yang telah mendapatkan izin dari BPN dan pemilik tanah yang menerima SK-Kinag.

Persoalan ini menjadi kompleks karena kedua pihak memiliki dasar hukum yang berbeda yang mengklaim kepemilikan dan hak atas penggunaan lahan yang sama. Hal ini kemudian menjadi pemicu utama konflik yang berlanjut dalam kasus Shila Sawangan.

Kemudian ada rumor juga terkait lahan seluas 91 hektar di Sawangan direncanakan akan dibangun Perumahan Shila At Sawangan, namun, proses tersebut terhambat oleh masalah hukum yang kompleks.

Status lahan ini sedang disengketakan di Pengadilan Tinggi (PT) dan Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN) dengan nomor perkara 81/B/2022 PTUN.

Menurut juru bicara pemilik tanah, Muryanto, lahan tersebut dalam keadaan Status Quo atau pembekuan sementara atas hak atas tanahnya.

Status ini diumumkan oleh BPN Kota Depok pada 4 Mei 2017, membekukan kepemilikan tanah atas nama PT Pakuan.

PT Pakuan sendiri berencana menjalin kerjasama dengan Mitsubishi Corporation melalui anak usahanya, PT Diamond Development Indonesia (DDI), yang akan menginvestasikan dana sebesar Rp 9 triliun untuk membangun kota mandiri di Perumahan Shila At Sawangan.

Namun, Muryanto menegaskan kekecewaannya terhadap Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang tetap menggunakan lahan yang masih dalam masalah hukum untuk kegiatan pembangunan.

Dia menyoroti tindakan Pemkot Depok yang dianggapnya melanggar hukum dan tidak menegakkan keadilan.

Muryanto berencana untuk melawan hukum atas hak tanah tersebut dan akan menuntut Pemkot Depok yang menggunakan lahan tersebut tanpa izin dari pemilik yang sedang berperkara hukum dengan PT Pakuan.

Muryanto juga memperingatkan Pemkot Depok terkait rencana membangun Alun-alun Kota Depok Wilayah Barat seluas 3 hektar di lahan yang bersengketa.

Dia menegaskan agar Pemkot Depok tidak memberikan izin apapun untuk memanfaatkan lahan yang masih dalam proses hukum.

Ketua DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Depok, Yusra Amir, juga mengkritik rencana Pemkot Depok untuk membangun Alun-alun Kota Depok Wilayah Barat di lahan yang masih dalam sengketa hukum. Dia menyatakan bahwa hal tersebut sangat ceroboh dan menyesatkan publik.

Di sisi lain, pakar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara dari Universitas Muslim Indonesia, Fahri Bachmid, mengkritik BPN Kota Depok karena telah menerbitkan surat hak guna bangunan (SHGB) kepada PT Pakuan.

Padahal di lokasi yang sama telah diterbitkan Surat Keputusan Kepala Inspeksi Agraria (SK-Kinag) kepada pemilik tanah atas nama Ida Farida.

Konflik hukum ini menjadi kompleks dengan berbagai pihak yang terlibat, dan menunjukkan kebutuhan akan penyelesaian yang adil dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kronologi Penyebaran Kabar Miring Shila Sawangan

Isu tentang masalah Shila Sawangan bermasalah tersebar luas sejak tahun 2022.

Kabar tersebut menimbulkan keraguan dan kekhawatiran di kalangan masyarakat, membuat banyak calon pembeli atau penghuni potensial ragu untuk memilih Shila Sawangan sebagai tempat tinggal mereka.

Penyebaran informasi negatif ini melalui berbagai saluran komunikasi seperti media sosial, forum online, dan mulut ke mulut.

Meskipun isu-isu negatif mengenai Shila Sawangan tersebar luas, ada fakta-fakta yang perlu dipertimbangkan secara cermat:

Surat Pemberitahuan Amar Kasasi Perkara Nomor: 519 K/TUN/2022/ Jo. No. 81/B/2022/PT.TUN.JKT Jo. No. 101/G/2021/PTUN.BDG, telah menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh pihak pemohon serta memastikan status legalitas tanah di Shila Sawangan.

Proses serah terima unit perumahan di Shila Sawangan tetap berjalan lancar dan cepat, dengan klaster The Grove telah diserahkan kepada pemiliknya pada bulan April 2023, bahkan lebih cepat dari rencana awal.

Klaster Tilia juga dijadwalkan untuk serah terima mulai dari Februari 2024, menunjukkan bahwa pengembang tetap berkomitmen terhadap penghuni dan proses pembangunan.

Keterbukaan dan Keterlibatan Pengembang Shila Sawangan

Pengembang Shila Sawangan terbuka terhadap tantangan yang dihadapi dan terlibat secara aktif dalam menyelesaikan masalah-masalah yang muncul.

Mereka terus memberikan informasi yang jelas dan transparan kepada calon pembeli dan penghuni, serta memastikan bahwa proses pembelian dan kepemilikan rumah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Dengan memahami kronologi penyebaran isu bermasalah seputar Shila Sawangan serta fakta-fakta yang ada, calon pembeli atau penghuni potensial dapat membuat keputusan yang lebih bijak dan terinformasi mengenai investasi properti mereka di kawasan ini.

Titik Terang Kasus Lahan Shila Sawangan Bermasalah

Kasus sengketa lahan yang telah mengganggu ketenangan pemilik rumah di Shila Sawangan, Depok selama bertahun-tahun akhirnya menemukan titik terang dalam tahap kasasi.

Pada tahap ini, Surat Pemberitahuan Amar Kasasi Perkara Nomor: 519 K/TUN/2022/ Jo. No. 81/B/2022/PT.TUN.JKT Jo. No. 101/G/2021/PTUN.BDG dikeluarkan, menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh Ida Farida.

Surat Pemberitahuan – Lampiran 1 Shila Sawangan
Surat Pengadilan Tata Usaha – Lampiran 2
Surat Pengadilan Tata Usaha – Lampiran 3

Pihak pemohon dalam sengketa tersebut, dan juga menghukumnya untuk membayar biaya perkara pada tingkat tersebut.

Putusan kasasi ini menjadi pencerahan bagi para pemilik rumah di Shila Sawangan karena menyatakan bahwa status kepemilikan tanah di kawasan tersebut adalah legal.

Dengan demikian, ketidakpastian mengenai kepemilikan tanah yang selama ini mengganggu mereka telah terpecahkan. Mereka tidak perlu lagi merasa cemas atau resah terkait hal ini.

Selain itu, penting untuk dicatat bahwa isu tentang Shila Sawangan yang bermasalah tidak menghambat pengembang untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi para pemilik rumah.

Proses pembangunan fasilitas maupun serah terima unit tetap berlangsung lancar tanpa adanya hambatan.

Ini menunjukkan komitmen pengembang untuk tetap memberikan layanan yang optimal kepada para konsumen meskipun ada ketegangan atau masalah hukum yang terjadi di masa lalu.

Dengan demikian, para pemilik rumah dapat memiliki keyakinan yang lebih besar terhadap investasi properti mereka di Shila Sawangan.

Yuk, Kenalan Lebih Dekat Shila Sawangan!

Shila Sawangan, yang diusung sebagai proyek perumahan bergengsi di kawasan Sawangan, memiliki peran penting dalam memajukan daerah tersebut menjadi lebih maju.

Dengan luas lahan mencapai 102 hektar, Shila at Sawangan direncanakan menjadi pusat aktivitas utama di kawasan tersebut.

Proyek ini akan meliputi pembangunan hunian modern serta pusat komersial yang mewah, menciptakan ruang hangout yang representatif terutama bagi kalangan menengah atas.

Dengan kehadiran Ruko Premium dan pusat perbelanjaan modern, Shila Sawangan berpotensi menjadi ikon baru di Sawangan.

Shila at Sawangan menjawab kebutuhan akan hunian berkelas di kawasan Sawangan yang semakin banyak diminati, terutama dengan pertumbuhan kawasan yang semakin modern dan terbukanya akses ke daerah tersebut.

Lokasi dan Lingkungan Shila Sawangan

Lokasinya yang strategis, tidak terlalu jauh dari Jakarta dan dilalui oleh jalan tol, semakin memperkuat daya tariknya.

Faktor-faktor ini membuat Shila Sawangan menjadi pilihan menarik bagi para pencari rumah yang mencari kualitas tinggi di lingkungan yang berkembang pesat.

Sawangan berkembang menjadi destinasi menarik untuk hunian, menarik minat investasi, serta menarik perhatian kaum urban.

Shila Sawangan melihat potensi ini dan berencana menjadi motor penggerak perkembangan kawasan Sawangan dan sekitarnya.

Melalui transformasi menjadi Vasanta Eco Town, Shila at Sawangan menawarkan hunian premium dengan kenyamanan tinggi, dilengkapi dengan fasilitas modern seperti pusat perbelanjaan, pasar modern, dan lainnya.

Hal ini membuat Shila Sawangan menjadi pilihan utama terutama bagi keluarga muda yang mengutamakan kualitas dan kenyamanan dalam hunian mereka.

Berlokasi di tanah bekas lapangan golf, Vasanta Eco Town di Shila at Sawangan berkomitmen untuk mempertahankan keaslian alam dengan menjaga kontur tanah dan pepohonan yang ada.

Hal ini akan memberikan sentuhan eksotis dan kualitas tinggi pada lingkungan perumahan, di mana penghuninya dapat menikmati suasana yang berbeda dengan keramaian perkotaan.

Dengan segala keunggulannya, Shila Sawangan diharapkan menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu berkualitas di rumah setelah beraktivitas di tengah keramaian kota.

Varian Klaster Perumahan Shila Sawangan

Terdapat tiga klaster perumahan yang telah dipasarkan sejak tahun 2021, yaitu The Grove, Tilia, dan The Forest, serta South Lake.

Klaster The Grove sudah mengalami proses serah terima, bahkan berlangsung lebih cepat dari rencana, yakni pada bulan April 2023.

Sementara itu, klaster Tilia dijadwalkan untuk serah terima mulai dari Februari 2024. Kemudian ada beberapa penawaran lainnya yaitu klaster Courtyard, Verdant, The Terrace, The Oakwood, Pavilion, Tudor, Hannam, Portico, Ruko Sinsa. dst.

Fasilitas Komersial Shila Sawangan

Pengembang Shila Sawangan terus berinovasi dengan membangun area komersial yang menawarkan lebih dari 15 tenant brand populer, smart modern market, dan restoran hidangan laut berskala besar.

Hal ini memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus bepergian jauh.

Komitmen Pengembang untuk Kepuasan Penghuni Shila Sawangan

Meskipun menghadapi isu tentang sengketa lahan, pengembang Shila Sawangan tetap komit untuk menyajikan tempat tinggal terbaik bagi penghuninya.

Mereka menjamin status legalitas yang terjamin dan menyediakan fasilitas lengkap guna membuat penghuni merasa nyaman dan puas.

Dengan kombinasi dari lingkungan alam yang asri, lokasi strategis, beragam pilihan klaster perumahan, fasilitas komersial yang berkualitas, serta komitmen pengembang untuk kepuasan penghuni, Shila Sawangan menjadi pilihan yang menarik dan layak dipertimbangkan bagi mereka yang mencari hunian berkualitas di sekitar Jakarta.

Rumor seputar masalah sengketa lahan tidak seharusnya mengganggu rencana untuk memiliki hunian di kawasan perumahan ini, karena keberlangsungan dan kepuasan penghuni tetap menjadi prioritas utama pengembang.

Gambar 1 : Update Februari 2024 Hunian di Shila at Sawangan. (dok. Shila at Sawangan)
Gambar 1 : Update Februari 2024 Hunian di Shila at Sawangan. (dok. Shila at Sawangan)
Gambar 2 : Update Februari 2024Hunian di Shila at Sawangan. (dok. Shila at Sawangan)
Gambar 2 : Update Februari 2024Hunian di Shila at Sawangan. (dok. Shila at Sawangan)
Gambar 3 : Update Februari 2024Hunian di Shila at Sawangan. (dok. Shila at Sawangan)
Gambar 3 : Update Februari 2024Hunian di Shila at Sawangan. (dok. Shila at Sawangan)
Gambar 4 : Update Februari 2024Hunian di Shila at Sawangan. (dok. Shila at Sawangan)
Gambar 4 : Update Februari 2024Hunian di Shila at Sawangan. (dok. Shila at Sawangan)
Gambar 4 : Update Februari 2024 Hunian di Shila at Sawangan. (dok. Shila at Sawangan)
Gambar 4 : Update Februari 2024 Hunian di Shila at Sawangan. (dok. Shila at Sawangan)

Dan masih banyak lagi dokumentasi update project, Anda dapat mengikuti perkembangannya di media sosial Shila Sawangan.

Penawaran Hunian Berkelas di Shila Sawangan, Depok

Tidak perlu menunggu lagi! Saatnya untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan emas untuk memiliki hunian berkelas di lokasi strategis Shila Sawangan, Depok.

Kawasan perumahan ini menawarkan kesempatan untuk merealisasikan impian memiliki rumah idaman Anda dalam waktu yang tidak lama lagi.

Dengan berbagai keunggulan yang telah dijelaskan sebelumnya, seperti lokasi yang strategis, lingkungan alam yang asri, beragam pilihan klaster perumahan, fasilitas komersial yang berkualitas, serta komitmen pengembang untuk kepuasan penghuni, Shila Sawangan adalah pilihan yang tepat untuk investasi properti Anda.

Jangan ragu untuk segera mengambil langkah untuk memiliki hunian di Shila Sawangan. Dapatkan kenyamanan, keamanan, dan gaya hidup yang Anda idamkan di kawasan perumahan ini.

Hubungi agen properti atau pengembang Shila Sawangan sekarang juga untuk informasi lebih lanjut dan mulailah perjalanan menuju kepemilikan rumah impian Anda dalam waktu dekat!

Detail Lokasi dan Kontak Shila Sawangan

Alamat

Jl. Raya Bojongsari No.53, Bojongsari Lama,
Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16517
Website Resmi

https://shila.co.id

Sosial Media

Facebook: Shila at Sawangan Official ( https://web.facebook.com/shilaatsawanganofficial )
Instagram: shilaatsawangan ( https://www.instagram.com/shilaatsawangan/ )
YouTube: Shila at Sawangan ( https://www.youtube.com/c/ShilaatSawangan )
TikTok: @shilaatsawangan ( https://www.tiktok.com/@shilaatsawangan )

Sekali lagi Shila Sawangan adalah kawasan perumahan yang menawarkan hunian berkualitas di lokasi yang strategis di Kota Depok, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai properti yang ditawarkan, fasilitas, atau proses pembelian, Anda dapat mengunjungi website resmi Shila Sawangan atau menghubungi mereka melalui media sosial yang tersedia.

Jangan ragu untuk menghubungi mereka untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda atau untuk menjadwalkan kunjungan ke lokasi perumahan tersebut.

Tips Memilih Posisi Rumah di Perumahan yang Tepat

Hindari Membeli Rumah Tusuk Sate

Jika Anda berencana untuk membeli sebuah hunian, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, terutama dalam memilih posisi rumah di perumahan yang ideal.

Posisi rumah memegang peranan penting karena dapat secara tidak langsung mempengaruhi tingkat kenyamanan penghuni selama tinggal di dalamnya.

Tidak jarang, calon pembeli mengabaikan pentingnya memilih posisi rumah yang tepat, padahal hal ini seharusnya menjadi fokus utama.

Selain kenyamanan, posisi rumah yang strategis juga dapat berdampak pada kelancaran aktivitas sehari-hari dan bahkan kesehatan penghuni.

Tak hanya itu, dari sudut pandang investasi, lokasi rumah yang strategis juga memiliki potensi nilai jual yang stabil atau bahkan meningkat seiring waktu.

Tidak hanya berdasarkan pertimbangan konvensional, tetapi menurut prinsip-prinsip topografi kuno seperti fengshui, posisi rumah yang baik juga diyakini dapat membawa keberuntungan bagi penghuninya.

Untuk membantu Anda dalam memilih posisi rumah yang tepat di perumahan, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Pertimbangkan Rumah Hook

Posisi hook merujuk pada kondisi di mana sebuah rumah terletak di bagian paling ujung ruas jalan dalam suatu area perumahan.

Rumah yang berada pada posisi ini sering menjadi incaran karena dianggap memiliki strategis yang tinggi. Keunggulan dari rumah hook mencakup lahan yang lebih luas daripada rumah-rumah lainnya.

Di samping itu, posisi ini dianggap strategis karena berlokasi di ujung jalan, sehingga menarik untuk dijadikan investasi.

Perhatikan Arah Mata Angin

Saat memilih rumah di perumahan berikutnya, ada baiknya untuk mempertimbangkan arah angin dan posisi matahari agar mendapatkan rumah yang lebih ideal.

Salah satu kriteria penting adalah memilih rumah yang menghadap ke arah timur.

Rumah yang menghadap ke timur akan mendapatkan sinar matahari langsung dengan intensitas yang cukup, yang dapat memberikan pencahayaan alami yang baik sepanjang hari.

Berbeda dengan rumah yang menghadap ke arah selatan, yang baru mulai mendapatkan sinar matahari langsung sekitar pukul 14.00 atau lebih.

Dengan mendapatkan pasokan cahaya matahari yang lebih lama, Anda dapat mengurangi penggunaan listrik secara signifikan.

Selain itu, rumah yang terpapar sinar matahari secara cukup sering juga dianggap lebih sehat untuk ditinggali.

Dekat dengan Fasilitas Umum

Sebaiknya memilih posisi rumah di dalam suatu perumahan yang memiliki akses dekat dengan berbagai fasilitas umum sangat penting.

Fasilitas umum ini memainkan peran krusial dalam mendukung kenyamanan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

Beberapa contoh fasilitas umum yang dapat ditemukan di area perumahan termasuk taman, masjid, pusat kebugaran, dan area bermain.

Saat ini, banyak pengembang properti yang merancang perumahan dengan mengintegrasikan konsep residensial ke dalam kawasan yang terdiri dari berbagai fasilitas.

Hal ini bisa mencakup keberadaan ruko, toko, restoran, dan fasilitas komersial lainnya yang memudahkan akses untuk berbelanja dan mencari hiburan.

Oleh karena itu, memilih posisi rumah yang berdekatan dengan area komersial dapat memberikan keuntungan tersendiri, tidak hanya dalam hal kenyamanan tetapi juga nilai investasi.

Ini adalah salah satu tips penting yang perlu diperhatikan saat memilih posisi rumah di dalam suatu perumahan.

Dengan harapan bahwa berita seputar Shila Sawangan bermasalah hanyalah rumor belaka, serta informasi terkait surat pemberitahuan amar kasasi, perkembangan proyek, dan tips memilih lokasi rumah, semoga memberikan manfaat yang berarti bagi Anda.

If you want to, get sh*t done, believe in continous improvment, and a humble person, you are a fit for the world. No politics, no drama, no excessive meetings, more actions.

13 thoughts on “Rumor Lahan Shila Sawangan Bermasalah Sudah Sepenuhnya Tuntas

  • Berita yang bermunculah di tahun lalu terkait rumor shila sawangan bermasalah berarti sudah sepenuhnya terjawab. Artikelnya bagus, jangan lupa mampir di blog ku juga ya kak.

    • Iya kak, baru terima updatenya bulan ini. Kebetulan di official media sosialnya pun sudah disampaikan update per projectnya. Anda dapat melihat update terbaru di media sosial shila sawangan juga terkait progressnya.

  • Nah ini akhirnya ketemu juga, setelah beberapa bulan mencari penyelesaian peruhaman di shila sawangan sempat diberitakan atau rumor bermasalah kini sudah terjawab. Untuk pemesanan bisa melalui media sosial tersebut min?

    • Saya rasa wajar untuk rumor terhadap project project baru, hanya saja sebagai pembeli memang perlu melakukan research terlebih dahulu perihal perumahan yang kita beli. Untuk pemesanan disarankan melalui officialnya terlebih dahulu, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

  • Model perumahannya modern banget nih, lokasinya juga strategis. Untuk harga memang sesuai budget ya. Harganya lumayan ternyata 😀

    • hehe iya kak, shila sawangan desainya modern gitu. saya rasa yang pengen punya rumah impian dan gak nanggung, ini cocok banget yang penting budgetnya ada. 😀

  • Ini rumah bukan untuk kaum mendang mending, setahu saya perumahan shila sawangan harganya ber M M. BTW Thank buat mimin yang udah memberikan detail informasi ini untuk masyarakat.

  • Ini rumah bukan untuk kaum mendang mending, setahu saya perumahan shila sawangan harganya ber M M. BTW Thank buat mimin yang udah memberikan detail informasi ini untuk masyarakat.

  • Saya sangat terbantu dengan adanya informasi ini, karena dari tahun lalu isinya rumor shila sawangan bermasalah. Sehingga kami sebagai agent property pun sulit menjelaskan kepada calon pembeli. Nah sekarang sudah muncul update rumornya. Thank admin sudah membantu memberikan informasi terbaru ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: TOLONGLAH, SAYA MENULIS SENDIRI CAPEK !!!