Tutorial Cisco Networking Lengkap

Betariko.com – Router Cisco perangkat pertama yang pernah saya konfigurasi. Rata-rata router Cisco ditemui untuk perusahaan menengah atas. Produk Cisco router memang menawarkan ragam fitur yang terutama dalam keamanan, kesanggupan system, kestabilan performa yang terbilang bagus dalam pengiriman data. 

Sementara ini saya jarang menemukan klien yang menggunakan router Cisco. Entah minat pasar mulai berkurang atau hanya beberapa perusahaan atau instansi yang menggunakan. 

Untuk mengingat kembali masa awal mengenal router Cisco, rasanya ingin mendokumentasikan beberapa konfigurasi umum yang digunakan dalam infrastruktur jaringan. Siapa tahu, nanti menemukan project yang mengharuskan router Cisco menjadi bagian dari struktur jaringan. 

Jadi, nantinya, kita bisa belajar bareng dan diskusi terkait kebutuhan dan perkembangan perangkat router Cisco. Ulasan ini juga disusun secara berkala. Teman-teman dapat mengikuti belajar bareng Cisco Networking lengkap, pada daftar isi sebelah kiri. 

Network Access

Cisco IOS

VLAN, TRUNK, DTP, VTP

STP 

HSRP

PVST+

Tutorial IP Connectivity Cisco

TCP dan UDP

ICMP

DNS

ARP

Routing Fundamental

InterVLAN Routing

Static Routing

Dynamic Routing OSPF

Tutorial IP Service Cisco

DHCP

SNMP

NAT

Tutorial Network Management Cisco

CDP

Telnet dan SSH

NTP

Syslog

Configuration Register

Password Recovery

TFTP Server

Bersambung …

Seorang Ayah dan Suami, Menggali Potensi di Dunia Digital. Menyediakan Layanan Backlink, Desain Website, Meningkatkan DA PA Otoritas Domain dan Otoritas Halaman, Penempatan Konten, Kampanye iklan Google, Facebook, dan Instagram, serta Peningkatan Jumlah Pengikut (Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, Shopee, Tokopedia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: TOLONGLAH, JANGAN COPAS. SAYA MENULIS SENDIRI CAPEK !!!